Syarat Pembuatan SKCK

Syarat-syarat untuk penerbitan SKCK di tingkat Polsek.


1. Membuat Baru.

  • Membawa Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon.
  • Membawa fotocopy KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan.
  • Membawa fotocopy Kartu Keluarga.
  • Membawa Pas Foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar.
  • Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar.
  • Pengambilan Sidik Jari oleh petugas.

2. Memperpanjang masa berlaku SKCK.

  • Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (Maksimal telah habis masanya selama 3 bulan)
  • Membawa fotocopy KTP/SIM.
  • Membawa fotocopy Kartu Keluarga.
  • Membawa Pas Foto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.
  • Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi.

Catatan :

> Polsek tidak menerbitkan SKCK untuk keperluan :

  • Melamar / melengkapi administrasi PNS / CPNS.
  • Pembuatan Visa / keperluan lain yang bersifat antar-negara.
  • Polsek/Polres penerbit SKCK sesuai dengan alamat KTP/SIM pemohon.


>>> UP DATE : 14 OKTOBER 2010

 

Berdasarkan :

  1. UU RI No.20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Bukan Pajak (PNBP);
  2. UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  3. PP RI No.50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi Polri;
  4. Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1928/VI/2010 tanggal 23 Juni 2010 tentang Pemberlakuan PP RI No.50 Tahun 2010.

 

Maka di beritahukan kepada seluruh pemohon SKCK Baru / Perpanjang, bahwa terhitung mulai hari SABTU / 26 JUNI 2010, dikenakan tarif yang besarannya sbb :

 

SIDIK JARI      = RP.35.000;

ADMINISTRASI SKCK  = RP.10.000;

 

Seluruh biaya tersebut akan disetorkan kepada kas negara oleh Bendahara SKCK setiap harinya.

 

Demikian Untuk Maklum.

 

308 comments on “Syarat Pembuatan SKCK

  1. Pembuatan SKCK untuk mendaftar kerja PNS Kemana dunk? bukan ke Polsek ya? saya domisili di Pulo Gebang, Cakung Jakarta Timur. saya kira- harus kemana buat nya dan Bawa Biaya berapa ya? thanks harap di balas.

    • Salam hangat untuk mbak Tasya….

      Langsung dijawab saja ya…

      Pembuatan SKCK untuk keperluan mendaftar PNS kami sarankan untuk membuat di Polres tepatnya untuk mbak Tasya di Polres Jakarta Timur. Jl. Matraman Raya No. 224 (Depan Pasar Jatinegara) Telp. 021-8191476 / 8191478.

      Jangan lupa untuk membawa persyaratannya, antara lain :
      1. Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan.
      2. Fotocopy KTP 2 lembar.
      3. Pas Foto berwarna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.

      Untuk biaya administrasi lebih jelasnya silahkan hubungi Polres Jakarta Timur di no. telp diatas.

      Terima kasih

      • pernyatan yang sedikit aneh pak :

        polsekpancoran, di/pada 21 Oktober 2009 pada 08:55 Dikatakan:

        Benar sekali… Untuk pendaftaran CPNS diharuskan melampiri dengan SKCK yang masih berlaku yang dikeluarkan minimal setingkat Polres dimana saudara berdomisili sesuai KTP. Bila KTP-nya beralamat tinggal di Kebumen, berarti harus membuatnya di Polres Kebumen juga. Dalam pembuatan SKCK “tidak dikenakan biaya.”

        tapi kok di atas ini ada keterangan “Untuk biaya administrasi lebih jelasnya silahkan hubungi Polres Jakarta Timur di no. telp diatas.” PUNGLI bukan pak kalo dalam pembuatan SKCK dikenai biaya Rp. Sekian, termasuk dalam memperpanjang SKCK?

        mohon dibalas terimakasih

      • kalo misalkan saya mau bkin skck tpi KTP kampung bisa gak???? tolong bantuanya
        terimakasih

      • mas taufik:
        untuk administrasi skck Rp. 10.000
        sidik jari Rp. 35.000
        yang dibayarkan langsung di Bank yang ditunjuk.
        sesuai dengan :
        – UU RI No. 20 th 1997 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBK )
        – UU RI No. 20 th 2002 tantang Kepolisian Negara Republik Indonesia
        – PP RI No. 50 th 2010 tentang Tarif atas jenis penerimaan negara Bukan Pajak yang berlaku pada intansi polri
        – Surat Telegram Kapolri No. ST/1928/VI/2010 TGL 23 JUNI 2010 tentang Pemberlakuan PP RI No. 50 th 2010.

        dalam hal ini setiap penerbitan SKCK sebelum tahun 2010 tidak dikenakan biaya administrasi dikarenakan belum adanya PP RI yang mengaturnya.

        trims.

  2. Pembuatan SKCK untuk mendaftar kerja PNS Kemana dunk? bukan ke Polsek ya? saya domisili di Lubang Buaya, Cipayung Jakarta Timur. saya kira- harus kemana buat nya dan Bawa Biaya berapa ya? thanks harap di balas.

  3. Maaf pak. pada persyaratan pengajuan cpns harus pakai skck, kalau mempersyaratkan keterangan lurah berarti pengajuannya harus kelurahan di wilayah polres berada. klo ktp di kebumen dan ingin membuat skck di jakarta berarti tidak bisa ya pak?kemudian, untuk pengenaan biaya apa dibenarkan pak dan berapa besarnya?UU no 25 tahun 2009 mengenai Pelayanan publik

    • Benar sekali… Untuk pendaftaran CPNS diharuskan melampiri dengan SKCK yang masih berlaku yang dikeluarkan minimal setingkat Polres dimana saudara berdomisili sesuai KTP. Bila KTP-nya beralamat tinggal di Kebumen, berarti harus membuatnya di Polres Kebumen juga. Dalam pembuatan SKCK tidak dikenakan biaya.

      • Lho sy bingung nih… di persyaratan pembuatan SKCK diatas itu disebutkan biaya sidik jari dan adm SKCK total ada 45 ribu, tapi di balasan Bapak kok bilangnya pembuatan skck tidak dikenakan biaya… yang bener yang mana nih pak?

      • biar gak bingung, coba perhatikan tanggal balasan pertanyaan.. @polsekpancoran membalas pertanyaan (memberi jawaban) pada 21 Oktober 2009 08:55.. sedangkan tarif pembuatan/perpanjangan SKCK mulai berlaku per hari Sabtu, 26 Juni 2010 seperti keterangan di artikel.. simpel.. :)

    • Bila berdomisili di wilayah Jakarta Timur maka pengurusan SKCK dapat dilakukan di Polsek Metro Matraman dan Polres Jakarta Timur. Atau bisa juga di Polda Metro Jaya.

    • SKCK dibutuhkan untuk melamar pekerjaan baik Pegawai Negeri Sipil maupun Swasta. Selain itu SKCK diperuntukan bagi yang akan melanjutkan sekolah dan pindah tempat tinggal tetapi berbeda provinsi.

      • skck untuk pindah tempat tinggal tetapi beda provinsi? Sy mau pindah dr lumajang ke p0n0r0g0 kok pakai ngurus skck?

  4. Pelayanan polsek pancoran bagus yah ..
    Patut jadi contoh bagi polsek2 lain ..
    semangat untuk administratornya..

    TRIBRATA

    KAMI POLISI INDONESIA:

    1. BERBAKTI KEPADA NUSA DAN BANGSA DENGAN PENUH KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA.

    2. MENJUNJUNG TINGGI KEBENARAN, KEADILAN DAN KEMANUSIAAN DALAM MENAGAKAN HUKUM NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONDSIA YANG BERDASARKAN KEPADA PANCASILA DAN UUD 1945.

    3. SENANTIASA MELINDUNGI, MENGOYOMI DAN MELAYANI MASYARAKAT DENGAN KEIKHLASAN UNTUK MEWUJUDKAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN.

  5. pak/ibu kalo saya ingin buat SKCK sebagai syarat CPNS saya harus kemana? kebetulan saya tinggal di CIputat? ada yg bilang di Polres jakarta selatan. Itu tepat alamatnya dimana ya?

  6. Pembuatan SKCK guna keperluan mendaftar CPNS memang diarahkan ke Polres tempat pemohon berdomisili. Untuk wilayah Ciputat silahkan ke Polres Metro Jakarta Selatan di Jl. Wijaya II No.42 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi 021-7206011/12.

  7. Pak/Inuk, untuk pemberkasan CPNS diperlukan SKCK minimal POLRES y? untuk KTP dearah serpong BSD itu polres nya dmana ya?
    Trus saya udah punya SKCK tingkat POLSEK yang udah expired per 3 nov 09 kemarin. Apakah denga SKCK tingkat POLSEK tersebut bisa saya perpanjang ke POLRES?
    Terima kasih atas bantuannya.

  8. Betul sekali Pak Reza. Untuk kelengkapan administrasi CPNS memang SKCK yang diterbitkan minimal setingkat Polres. Mengingat bapak berdomisili di daerah BSD, maka silahkan membuat di Polres Metro Tangerang. Untuk SKCK lama dapat dibawa ke Polres untuk selanjutnya mengurus SKCK yang baru sesuai peruntukannya.

    Salam hormat dari kami.

  9. Pak kalo perpanjang skck sebelum masa berlakunya habis bisa nggak ya??…soalnya skck saya habis pas tanggal pemberkasan cpns…trus ada persyaratan pemberkasan yang menyatakan skcknya berlaku minimal sampai 31 desember 2009…sedangkan punya saya sudah habis tanggal 9 desember.

    Terima kasih atas responnya pak..

  10. Terima Kasih atas pertanyaannya.

    Hemat kami, silahkan diperpanjang di Polres / Polda setempat dan beri penjelasan kepada petugas yang melayani bagian pembuatan SKCK-nya tentang keperluan memperpanjang SKCK tersebut.

  11. pak saya mau tanya, saya sudah punya skck terbitan polres gresik, jawa timur. sekarang saya domisili di Bintaro tp msh blm punya KTP Bintaro, seumpama sy ingin memperpanjang SKCK di Jakarta dengan membawa surat keterangan domisili aja boleh gak? Trus kalo daerah Bintaro masuk ke Polres mana ya? Terima kasih sblmnya.

  12. Terimakasih untuk pertanyaannya untuk Ibu / Mbak Fitria….

    Pada intinya, penerbitan SKCK disesuaikan dengan domisili si pemohon dengan di buktikannya / dilampiri kepemilikan KTP sesuai alamat pemohon. Dan sebagai salah satu syaratnya adalah SURAT PENGANTAR dari Kantor Lurah / Camat setempat. Bila salah satu syarat tersebut tidak ada, maka kami sarankan untuk mengurusnya terlebih dahulu sehingga SKCK yang dimohon dapat diterbitkan.

    Demikian penjelasan kami, semoga Ibu / Mbak Fitria berkenan.

  13. Bapak/Ibu saya mau tanya, kalau saya berdomisili di jakarta dan diterima sbg cpns di kupang, bagaimana cara mengurus skck disana? apa saja syarat-syaratnya? kalau saya sudah ada skck dari polres jakarta apakah boleh digunakan?

  14. Sebelumnya kami ucapkan selamat kepada Ibu / Mbak Fitri atas keberhasilannya.

    Bila Ibu / Mbak Fitri telah memiliki SKCK pada saat melamar CPNS, maka pada saat melengkapi berkas administrasinya di kepegawaian dibutuhkan kembali SKCK yang berisi “Melengkapi Persyaratan Administrasi PNS”

    Ibu / Mbak cukup memperpanjang SKCK yang sebelumnya di Polres tempat dikeluarkan SKCK tersebut. Namun Ibu / Mbak Fitri tidak perlu kuatir, pengurusan tersebut dapat diwakili oleh kerabat yang berada di lokasi dikeluarkannya SKCK tersebut.

    Demikian penjelasan kami, semoga dapat diterima.

  15. Saya mau tanya,kalau mau bikin SKCK baru untuk melamar di BUMN…prosesnya dari kelurahan langsung ke polres atau ke polsek dulu baru ke polres??

  16. Pada dasarnya syarat dan proses untuk pembuatan SKCK sama saja.

    Untuk Mbak / Ibu Amel kami sarankan untuk membuat SKCK-nya di Polres saja. Jadi setelah mendapatkan Surat Pengantar dari Kelurahan, silahkan datang langsung ke Polres setempat guna pembuatan SKCK.

  17. Selamat Siang..
    Saya sudah membuat SKCK untuk pemberkasan PNS. Berhubung proses pemberkasan masih berjalan dan masa berlakunya mau habis, saya disuruh memperpanjang SKCK. Tapi SKCK aslinya sudah diserahkan saat pemberkasan.
    Boleh kah memperpanjang SKCK tanpa membawa aslinya..?

  18. Pak, saya ingin mengurus SKCK untuk pindah domisili dari medan ke surabaya.. SKCK tersebut diurus ke mana ya pak? domisili asal saya di medan marelan.. apa bisa pak jika pengurusan SKCK diwakilkan.. karena jika saya harus balik ke medan lagi, butuh biaya yang sangat besar. tolong dibalas ke alamat email saya ya pak..

    • Untuk pengurusan SKCK bila untuk pindah domisili dimungkinkan untuk diwakili bila saudara Sapta pernah membuat SKCK dan tenggang waktunya masih berlaku. Namun bila belum pernah sama sekali, maka di wajibkan untuk hadir.

      Demikian penjelasan dari kami semoga berkenan.

  19. Pak/Bu,
    Saya berdomisili di Depok dan saya memerlukan SKCK untuk mengurus permanent resident Australia. Jadi saya membutuhkan SKCK berbahasa inggris. Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan SKCK berbahasa inggris ya Pak/Bu?!
    Terima Kasih untuk sebelumnya.

  20. Untuk kepengurusan SKCK dalam bahasa Inggris, Ibu dapat membuatnya di Mabes Polri. Untuk info lebih lanjut silahkan buka website Polri di polri.go.id.

    • pak, saya cek di website polri.go.id untuk skck bhs inggris tidak ada, bagian yg mana yach hrs saya klik ?trimakasih

      • Siang Bpk/Ibu Admin Polsek Pancoran,

        saya langsung saja ya,,untuk pengurusan SKCK di mabes polri selain syarat yg ad d atas (Srt pengantar Lurah, KTP, Foto) , apakah diperlukan juga surat pengantar dari polres sesuai dengan domisili? karena saya berada di jakarta barat. sebelum dan sesudah nya, saya ucapkan terima kasih.

  21. Pak polisi, saya berdomisili di Bumi Serpong Damai, Kecamatan: Serpong
    Kelurahan: Rawabuntu
    Kab: Tangerang
    Pertanyaan saya: Saya harus membuat SKCK dimana ya?
    Polres Tigaraksa atau cukup datang ke Polres Serpong?

    Terima kasih pak!

    • Silahkan datang ke Polsek Serpong.
      Namun bila keperluannya untuk CPNS atau melengkapi administrasi PNS, silahkan ke Polres Tangerang Kabupaten

    • Salam hangat kembali untuk Polsek Metro Pamulang….

      Saling koordinasi dan saling mengisi kekurangan. Ditunggu khabar selanjutnya.

  22. ..Pak/Ibu polisi saya mw tanya,,KTP saya pasar baru jakpus..klo saya ingin mengurus skck untuk keperluan administrasi CPNS..saya harus mengurus di polsek atau di polres mana??..
    ..apakah surat pengantar hrs disahkan oleh camat pak??soalnya punya saya cuma disahkan oleh lurah..dan surat pengantar disahkan pada bulan januari 2010..apakah tidak masalah??..soalnya domisili saya di bojong gede-bogor..
    Saya ucapkan terima kasih atas kesediaan bpk/Ibu untuk menjawab pertnyaan dr saya..

  23. Saya pernah membuat SKCK untuk keperluan cpns di polres jaksel tahun lalu, tapi sudah habis masa berlakunya. Sekarang saya butuh lagi untuk keperluan lain. Berarti yang saya harus lakukan adalah memperpanjang SKCK kan? bisa dengan hanya membawa fotocopy legalisir kan? karena yang asli telah saya berikan ke kantor saat ini.

  24. Untuk wilayah jakarta timur, kemana ya untuk pembuatan SKCK nya? Alamatnya dimana?
    Saya mau buat ktp di depok, sebelumnya KTP Halim. Surat pindah domisili dan Surat pengantar kelurahan & kecamatan sudah selesai saya urus.

  25. Pak/bu polisi,

    Saya domisili solo ingin pindah ke sby. Karena ketidaktahuan saya, terlanjur membuat surat pindah dan ktp saya telah dicabut oleh kelurahan.
    Saat mengurus di kelurahan sby, ditolak krn kurang skck

    Yg ingin saya tanyakan: bagaimana cara membuat skck nya? Mengingat ktp dan kk saya telah dicabut?
    Sekarang ini saya sedang tugas ke jakarta shg sulit pulang.
    Apakah ada jangka waktunya membuat skck di solo setelah ktp dicabut?

    Atas jawabannya, saya ucapkan banyak terima kasih

  26. Slm sjahtera…
    Maaf pak saya mau tanya saya kecamatan juwana, saya mau membuat SKCK untuk mendaftar CALON PRAJA IPDN saya seharusnya membuat SKCK di POLRES kabupaten pati atau SKCK diPOLSEK kecamatan Juwana???

    Bedanya POLSEK dengan POLRES apa ya???

    Mohon dibalaz dan kirim ke Email saya.

  27. saya mau bertanya, saya mahasiswa yang sedang kuliah di kawasan depok, dan saya indekost di daerah lenteng agung. nah, saya diminta membuat SKCK dari kampus. tetapi saya kan masih belum mempunyai KTP jakarta, karena asal saya dari Malang. jika seperti ini, saya bisa mengurus SKCK dimana?karena pihak kampus memintanya dalam waktu yang cukup mepet..terima kasih atas informasi yang diberikan

  28. Assalamualaikum pak Moderator..

    Sebelumnya saya turut berduka nih pa, karena akhir2 ini citra kepolisian RI sepertinya benar2 jatuh dimata masyarakat, semoga masih banyak polisi-polisi yang jujur yang benar2 ingin menegakkan kembali citra polri…amin..

    Saya mau bertanya dan mohon diberikan penjelasannya.
    Saya baru pindah kota dari Berau ( Tanjung Redeb ) ke Balikpapan, saat pindah saya meminta surat pindah ke catatan sipil berau, disana KTP berau saya ditarik dan diganti surat ket. pindah saja. Di Balikpapan, saat saya akan mengurus KTP ke RT, ternyata saya dimintai SKCK, saya jadi bingung pak, karena sebelumnya saya tidsak tahu jika ingin mengurus KTP di Balikpapan harus dilengkapi dgn SKCK. Jika saya tahu tentunya sudah saya urus di Berau sebelum saya berangkat kemarin. Jika sudah begini, bisakah saya mengurus SKCK di polsek / polres di Balikpapan yang kebetulan dekat dengan tempat tinggal saya, sementara saya tidak punya KTP Balikpapan ( KTP berau-pun sudah ditarik CAPIL ), jika saya menggunakan SIM dengan alamat yang berbeda dengan alamat tinggal saya apakah bisa pak?…mohon penjelasannya….

    Wassalam, AJI

  29. Pak, saya dulu tinggal di bandung, KTP Bandung, dan pernah membuat SKCK di Polres Bandung. Sekarang saya sudah di Jakarta, dan KTP sudah KTP Jakarta.
    Jika akan membuat SKCK, apakah harus yang baru, atau bisa perpanjangan saja?
    Kalau polres jakarta timur dimana ya pak alamatnya?
    Kalau SKCK tingkat Polres syaratnya apa saja?
    apa perlu pengantar dari polsek?
    terima kasih pak atas jawabannya.

  30. permisi…
    mau tanya nih, teman saya tahun lalu ktangkep polisi gara2 narkoba(ganja).d vonis 3 bulan.kira2 klo mau urus skck masih dapet g ya?
    terima kasih sebelumnya

  31. Wikh… pak polisi ataupun siapapun yg membaca.. saya lagi bingung nikh,,, klo mau kerja didaerah cimanggis depok,, skck sama ktp nya harus daerah sana atau bisa memakai dari daerah saya,, saya tinggal disukabumi,,
    terima kasih,,
    tolong tanggapannya,,

  32. Pak mau tanya untuk pembuatan SKCK kira-kira pembuatannya berapa lama?
    Soalnya domisili saya d blitar dan saya bekerja di Surabaya.
    Terima kasih

  33. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi rekan-rekan, Bapak/Ibu & Sdr/i yang telah mengajukan pertanyaan di forum Syarat SKCK ini.

    Namun ada baiknya sebelum mengajukan pertanyaan, tolong lihat terlebih dahulu penjelasan di atas maupun jawaban yang telah admin berikan kepada penanya sebelumnya.

    Salam hangat dari Admin.

  34. Assalamu’alaikum…

    Pak mau tanya, kalo semisalnya saya mau memperpanjang SKCK namun karena saya sekarang bekerja di luar daerah apakah bisa saya membuat SKCK tsb di daerah tmpt kerja saya saat ini? terima kasih

  35. Pak, mau tanya. Boleh gak KTP diganti Passport buat bikin SKCK ?
    Soalnya Passport khan juga tanda pengenal.
    Saya nanya ini, karena KTP saya beralamat di kampung, sementara Passport beralamat tempat tinggal saya sekarang.

  36. bpk/ibu,

    untuk keperluan mendaftar CPNS,saya berkeinginan untuk mengurus perpanjangan SKCK. KTP saya beralamatkn di YOGYAKARTA. sedangkan saya sekarang berdomisili di JAKARTA. Apakah saya bisa mengurus perpanjangan SKCK di JAKARTA?
    Mohon informasinya…
    terimakasih…

  37. pak mau nanya..saya mendaftar cpns..tp saya msh bekerja di swasta n lg deadline2nya tidak bs di tinggal.. sedang skck saya harus di perpanjang..bs g klo perpanjang skck orang yg bersangkutan tdk hadir..kan tdk sidik jari lg..klo pun harus bisa g ngurus skck hari sabtu..kebetulan saya masuk wilayah polsek matraman..trimakasih pak..

  38. Salam hangat utk administrator…

    Situasi sy seperti dibawah ini :
    * SKCK POLRES sy masih berlaku, blm sampai 1 tahun.
    * Namun SKCK yg ASLI sdh tidak ada krn sudah diminta utk lamaran CPNS tahun lalu.

    Pertanyaannya :
    1. Sy perpanjang ATAU buat baru?
    2. Surat pengantar hny smpai kelurahan ATAU harus smpai tingkat kecamatan?
    3. Hari sabtu apakah buka utk pengurusan SKCK di POLRES JAKSEL? Kalau buka, pd jam berapakah operasionalnya?

    terima kasih.

  39. Saya mau ngurus SKCK untuk kelengkapan adm di Depkeu. Rumah saya di Pondok Gede. Apa saya boleh mengurus di Polsek Jatiwaringin? Karena apabila sayas harus mengurus di Polres Bekasi, lokasi nya jauh sekali dari tempat saya.

  40. klo untuk daerah jakarta barat,, kebon jeruk,,, buat skck nya dmna yah,, yg berdekatan dgn daerah kbon jeruk, jakbar…
    trims

  41. pembuatan SKCK untuk PNS DI CILEDUG DMN YA? DAN APA PERSYARATANNYA. SAYA PUNYA skck lama yg saya buat di polsek cileduk, apa itu bisa diperpanjang untuk SKCK PNS?? TKS

  42. Saya mau tanya apakah untuk membuat skck, butuh persyaratan/dokumen lain selain surat pengantar kelurahan, fotokopi ktp dan pasfoto 4×6?
    Saya hanya ingin proses yg jelas dan persyaratan baku utk mendapatkan skck seefektif mungkin. Trima kasih.

  43. Pak Petugas Kepolian Yth,

    Saya ingin tanyakan apakah dapat mengurus SKCK untuk keperluan tinggal di luar negeri tanpa harus hadir di Polsek/Polres, karena yang bersangkutan sedang berhalangan untuk hadir dan yang bersangkutan telah mendapatkan SKCK yang berarti sudah ada data sidik jari namun telah 10 tahun berlalu?

    Terima Kasih banyak sebelumnya mohon dapat ditanggapi,

  44. Pak/Ibu saya mau tanya kalau saya mau buat skck untuk regristrasi di Perguruan tinggi itu waktunya lama apa tidak? Dan bayar apa tidak? Terima kasih atas jawabannya.

  45. Saya mau tanya pak, klo ingin memperpanjang skck utk melamar cpns tetapi skck yg lama sudah di serahkan untuk melamar pekerjaan sebelumnya.
    Bagaimana caranya ya pak?? Saya berdomisili di kec. cipayung jakarta timur
    Terima kasih sebelumnya

  46. selamat malam..
    mau nanya pak, jika ingin memperpanjang skck utk melamar cpns di mana? dan bagaimana jika skck asli yg lama sdh tidak ada krn di berikan untuk melamar pekerjaan sebelumnya.? saya berdomisili di kec.cipayung jakarta timur.
    mohon bantuannya pak. terima kasih

  47. ass, saya mau bertanya apabila saya ingin memperpanjang skck lama untuk melemar kerja yang telah habis apakah boleh saya lakukan di kantor polsek ataukah harus di kantor polres tempat saya mengambil?
    kedua apakah perpanjangan skck yang telah habis membutuhkan surat pengantar dari kelurahan?
    terima kasih banyak atas jawabannya

  48. Pak, saya mau tanya. Kalau untuk pembuatan SKCK itu butuh waktu berapa lama ya? Dan pelayanannya mulai dari jam berapa sampai jam berapa?

    Terima kasih,
    Swasti

  49. Selamat malam… untuk lebih memastikan saya mau bertanya,
    SKCK saya mati pd tgl 01/02/2010
    Untuk proses perpanjangan di POLRES Jakarta Selatan apa saja yg harus saya lampirkan… karna SKCK ini buat pendaftaran CPNS.
    Sebelumnya saya Ucapkan Terima Kasih.

  50. kalo masa berlaku SKCK dah abis lebih dari 1 tahun.. kan harus bikin baru lagi.. maksudnya harus dari awal lagi ngurus syarat2nya gitu..?? bisa ngga langsung ke POLRESnya saja.. tolong dibalas PAK..!

    Sebelumnya saya Ucapkan Terima Kasih

  51. Maaf pak Polisi, saya mau bertanya? apakah pembuatan skck jika semua persyaratannya dari mulai tingkat rtsampai dengan kecamatan telah terpenuhi tetapi dalam, memeinta cap,dan sidik jari dari polres harus di kecamatan yang bersangkutan? jika dilakukan di polres provinsi bagaimana?

  52. pak saya mau tanya saya buat SKCK tgl 24 oktober 2009 disana tercetak berlaku sampai tgl 24 januari 2010.apakah saya hrs buat SKCK baru,atau saya perpanjang?trm ksh

  53. Selamat siang,
    sebelumnya saya punya skck yg diterbitkan polres bandung tengah. Domisili saya skrg di daerah bandung timur, kalo saya mau buat lagi skck di polres bandung timur apakah harus mulai dari awal lagi? spt minta surat keterangan dari RT-RW-Kelurahan-Kecamatan-polsek?
    trima kasih sebelumnya.

  54. slamat malam,,,saya ingin bertanya,,,,pelayanan pembuatan skck pada hari dan jam berapa saja pak?trima kasih sebelumnya

  55. saya pny skck berakhir di bulan juni 2010, wktu itu buat di polda metro jaya resor jaksel di jl. wijaya, skg saya mau daftar Cpns. pertanyaan saya:

    1. syarat untuk perpanjang Skck apa saja?
    2. sehubungan dngn Cpns, apa perpanjangan bisa di lakukan di tempat awal pembuatan?

    terimakasiii…:)

  56. Pak,saya mau tanya .. kan saya sudah membuat SKCK di Polsek kelapa 2,tangerang .. terus saya ingin membuat di Polres .. di polres mana ya ??
    persyaratan yang harus dibawa ap saja ??
    terima kasih

  57. Pak,saya mau tanya .. kan saya sudah membuat SKCK di Polsek kelapa 2,tangerang .. terus saya ingin membuat di Polres .. di polres mana ya ?? di polres tangerang atau tigaraksa ??
    persyaratan yang harus dibawa ap saja ??
    apa perlu bawa surat pengantar dari klurahan lagi atau cukup membawa SKCK dari Polsek??
    terima kasih

  58. Ass. Wr. Wb.

    Mau tanya kalau daerah surabaya,
    tepatnya daerah setro baru utara I
    kalau mau buat SKCK harus kemana?!
    Mohon bantuannya, terima kasih.

    Wass. Wr. Wb.

  59. Kami haturkan terimakasih yang tak terhingga atas apresiasi rekan-rekan di forum Syarat Pembuatan SKCK ini.
    Sebelumnya, kami mengucapkan permohonan ma’af bila baru dijawab saat ini.

    Secara garis besar, pertanyaan rekan-rekan dapat kami jelaskan sebagai berikut :
    1. Perpanjangan SKCK baik untuk keperluan melamar kerja di Swasta atau mendaftar CPNS, “HANYA DAPAT” dilakukan di Polsek / Polres yang menerbitkan SKCK sesuai domisili pemohon.
    2. Perpanjangan SKCK dapat diwakilkan, “TERKECUALI” bila pemohon harus diambil sidik jarinya maka tidak dapat diwakilkan.
    3. Pembuatan baru SKCK “TIDAK DAPAT” diwakilkan.
    4. Proses permohonan SKCK dapat dilakukan setiap hari kerja mulai pukul 08.00 Wib s/d 16.00 Wib.
    5. Dalam pengantar dari Kelurahan agar dicantumkan secara jelas keperluan membuat SKCK, contoh : Melamar Kerja, Melamar CPNS, Melengkapi Persyaratan PNS, Melanjutkan Sekolah, dsb.
    6. Untuk syarat pembuatan baru / perpanjang SKCK, mohon dibaca kembali artikel diatas.

    Terima Kasih.

  60. Mw tanya, untuk perpanjang skck setingkat polres perlu membawa skck setingkat polsek tdk? soalnya sy punya skck setingkat polsek dan sudah habis masa berlakunya. Dan apakah harus membawa surat keterangan RT/RW lg? trima kasih

  61. Selamat Pagi pak, mau tanya jam kerja pembuatan SKCK di polres jakarta selatan itu dari jam berapa sampai jam berapa ya ? kalau sehabis office hour bisa dilayani tidak ? terima kasih .

    • Selamat pagi kembali….

      Untuk pelayanan SKCK di Polres Metro Jakarta Selatan dilakukan sesuai jam kerja. Yaitu untuk hari Senin s/d Jum’at mulai pukul 08.00 Wib – 15.00 Wib. Sedangkan untuk hari Sabtu dimulai pukul 08.00 Wib s/d 12.00 Wib.

      Untuk pelayanan SKCK pada malam hari, sementara belum dapat dilaksanakan dikarenakan terkendala dengan persiapan tekhnis dari personil maupun peralatan on line-nya.

      Kami ucapkan terimakasih atas pertanyaannya.

  62. salam pak polisi..
    saya tinggal di TANJUNG DUREN,GROGOL PETAMBURAN
    kalau saya mau buat SKCK di mana ya????

    terima kasih dan salam sejahtera

    • Salam sejahtera kembali.

      Untuk Bpk. Suhendi, kalau tidak salah, kediaman bapak dekat dengan Polres Metro Jakarta Barat. Bapak dapat membuat SKCK di Polres dengan melengkapi persyaratannya terlebih dahulu.

  63. buat skck untuk pns harus ke polres..tp sewaktu saya tinggal di surabaya saya pernah buat bulan agustus 2010 kata petugas disana sekarng pembuatan skck dipusatkan jadi 1 hanya di polsek saja..bagaimana sebenarnya?? saya jadi bingung..ni kn namanya mempersulit..

    • Untuk Sdr Iya…..

      Untuk wilayah DKI Jakarta, kebijakan untuk pembuatan SKCK dengan keperluan mendaftar CPNS harus dibuat di tingkat Polres. Sementara ini Admin belum mengetahui untuk kebijakan di Polda lain.
      Mungkin itu saja penjelasan dari Admin dan bukan maksudnya mempersulit, namun disadari bahwa setiap Polda memiliki kebijakan sendiri dalam sistem administrasi SKCK.

      Terima kasih atas saran dan kritiknya.

  64. met siang pak,,,
    saya tinggal di daerah kalideres mau urus SKCK
    buat keperluan melamar kerja,,,,
    dmn y???
    mohon di balas

  65. pak, jika pengurusan SKCK GRATIS kenapa ada biaya?????
    Kutipan keterangan diatas:
    Maka di beritahukan kepada seluruh pemohon SKCK Baru / Perpanjang, bahwa terhitung mulai hari SABTU / 26 JUNI 2010, dikenakan tarif yang besarannya sbb :
    SIDIK JARI = RP.35.000;
    ADMINISTRASI SKCK = RP.10.000;
    Seluruh biaya tersebut akan disetorkan kepada kas negara oleh Bendahara SKCK setiap harinya.
    Mohon KEJELASANNYA!!!!

    • Kepada Ibu/Mbak Nila, berdasarkan PP RI No.50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi Polri, maka terhitung tanggal 26 Juni 2010 diberlakukan tarif sebagaimana yang Ibu/Mbak ketahui. Hal ini dikarenakan, SKCK merupakan salah satu unit di instansi Kepolisian selain di fungsi Lalu Lintas (SIM/STNK), yang melakukan pelayanan publik dengan memungut tarif sesuai aturan yang berlaku.

      Bilamana sebelumnya kami pernah menjawab di forum ini bahwa pembuatan SKCK tidak dipungut biaya, maka hal tersebut berlaku sebelum dikeluarkannya PP RI No. 50 tahun 2010. Dan benar, untuk pendapatan yang diterima dari SKCK akan di setorkan ke Kas Negara melalui BRI setiap harinya.

      Demikian penjelasan singkat dari kami, dan apabila kurang jelas, Ibu/Mbak dapat bertanya langsung kepada petugas pelayanan SKCK di kantor Polisi terdekat.

      Terima kasih.

      • Dalam balasan di atas, Polsek Pancoran memberikan penjelasan bahwa “Bilamana sebelumnya kami pernah menjawab di forum ini bahwa pembuatan SKCK tidak dipungut biaya, maka hal tersebut berlaku sebelum dikeluarkannya PP RI No. 50 tahun 2010.”

        Menurut saya alasan ini sedikit mengada2, karena posting bapak/ibu mengenai pengurusan SKCK tanpa dipungut biaya dan bahwa biaya administrasi tergantung kepada polres masing2, keduanya diposting pada tahun 2009 yakni sebelum tarif tersebut resmi diberlakukan.

        Kontradiktifnya pernyataan yg dikeluarkan polres pancoran tersebut bisa diakibatkan oleh
        1. misinformasi staf polres mengenai prosedur pengurusan SKCK;
        2. budaya menutupi kesalahan/kecurangan rekan kerja dan instansi walaupun ketika sudah jelas hal tersebut nyata terjadi.

        Jika alasannya karena misinformasi, maka cukup dikoreksi saja pernyataan sebelumnya. Masyarakat juga maklum bahwa polisi juga manusia yg bisa berbuat salah. Namun jika melihat dari kecenderungan tingkah laku aparat di Indonesia, alasan nomor 2 lebih mungkin terjadi.

        Pejabat negeri ini seringkali membuat alasan2 yg tidak masuk akal untuk menutupi kesalahan mereka sambil berpikir bahwa rakyat Indonesia senaif itu untuk mempercayai perkataan mereka.

        Di TV, seringkali kita dengar bahwa ada reformasi di tubuh Polri ke arah yg lebih baik dsb. Hal ini mungkin manis untuk didengar, tetapi yang kita perlukan adalah tindakan nyata. Sebelum Kepolisian betul-betul melakukan kewajiban mereka dan sebelum ada tindakan tegas yg nyata terhadap rekan mereka yg melakukan pungli ataupun tindakan indisipliner lainnya, citra kepolisian akan semakin terpuruk di mata masyarakat. Citra tersebut akan semakin buruk lagi seiring dengan pernyataan2 tidak masuk akal dari kepolisian dalam menutupi kesalahan dan kecurangan yang terjadi.

  66. Pak, sebelumnya saya sudah punya skck dari polsek. Tapi utk keperluan pns ternyata harus dari polres. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya harus membuat dari awal (surat pengantar rt rw,lurah dan camat) atau bisa membawa skck polsek saya langsung ke polres??
    Terimakasih atas kesediaan utk menjawab pertanyaan saya.

  67. polsek tanjung duren kalau hari sabtu buka sampai jam brp ya? melayani perpanjangan skck tdk ya di hari sabtu itu? dan kalau perpanjang butuh surat pengantar dari kelurahan lagi tidak ya?
    terima kasih banyak

  68. pak mau tanya, saya sudah pernah buat SKCK sekitar 4 tahun lalu, saya mau tanya apakah itu bisa diperpanjang atau buat baru lagi? trus kalo mau perpanjang SKCK apakah bisa dilakukan di polres/polsek yang bukan sesuai KTP DOMISILI?

    terima kasih :))

  69. Selamat Malam, saya mau tanya Polres Jakarta Barat jam buka pelayanan untuk pembuatan SKCK jam berapa ya Pak?Jam istirahat pelayanan?Dan Jam tutup jam berapa?Kira-kira berapa waktu yang saya butuhkan untuk membuat SKCK baru?terimakasih atas jawaban bapak

  70. assalamualaikum pak.
    saya punya skck dengan keperluan untuk menikah dengan anggota TNI AD.
    saya pernah diberitahu teman saya yang membuat 2 skck untuk keperluan menikah dan untuk mencari visa tetapi sampai di kapolda ternyata pihak kapolda jatim mengatakan satu orang hanya boleh memegang satu skck dan bisa digunakan untuk apapun. nah pertanyaan saya “apakah skck yang saya punya bisa digunakan untuk melamar kerja cpns?”
    terimakasih atas jawabannya. wassalam

  71. pak, saya mau tanya…kami baru menikah dan baru pindah dari jakarta timur ke jakarta selatan…nah, sekarang kami ingin membuat KK baru di jakarta selatan. Pak RT tempat saya akan pindah bilang katanya perlu ada SKCK untuk bikin KK baru/pindah KK. Apa benar begitu? setau saya, saya belum pernah dengar pindah KK/domisili harus pakai SKCK…terima kasih sebelumnya…

  72. Sebelumnya kami ucapkan selamat kepada Bpk Daniel atas pernikahannya.

    Memang, untuk pengurusan administrasi pindah alamat/domisili dibutuhkan SKCK. Hal tersebut sebelumnya berlaku bilamana pemohon akan pindah alamat/domisili ke lain provinsi. Namun saat ini, di wilayah DKI Jakarta, telah diberlakukan persyaratan yang sama dalam area Kotamadya.

    Hal ini dimaksudkan guna mengantisipasi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti antisipasi mobilitas para pelaku kejahatan, terorisme, penduduk gelap, dsb. Namun disadari, belum semua pengurus RT/RW mengetahui dan menjalankan kebijakan tersebut.

    Demikian penjelasan singkat kami, semoga Bpk Daniel maklum adanya.

    Terima kasih.

  73. Ass Pak…
    Saya Mau Tanya :
    Klw Mau Buat SKCK untuk Keprluan Ke luar Negri seperti TKI or TKW Bisa Ga yaaa…?? Untuk warga Bogor buatnya di Polres Or polsek mana !!
    Kemarin Saudara Saya Ada Yang Mau Buat SKCK Untuk Jadi TKW susahnya Minta ampun.

  74. Wa’alaikum salam Pak Rizal…

    Mungkin maksud bapak yaitu membuat SKCK untuk melamar kerja di luar negeri. Pada dasarnya, pembuatan SKCK guna melamar kerja ke luar negeri dilakukan / dikeluarkan oleh pihak Kepolisian setingkat Polres / Polda. Polsek tidak berwenang untuk menerbitkan SKCK guna keperluan administrasi antar negara.

    Bila saudara Pak Rizal berdomisili di Bogor, kami sarankan untuk membuat SKCK-nya di Polres Bogor dengan alamat : Jalan Tegar Beriman Cibinong Kab. Bogor 16914 Telp : (021) 8750163.

  75. Selamat pagi pak,
    Saya ingin membuat SKCK untuk keperluan izin tinggal dan menikah dengan warga asing.Namun saat ini saya berada diluar negri.pertanyaannya apakah SKCK bisa dibuat dengan perantara?sedangkan salah satu syaratnya diminta sidik jari.apakah bisa tanpa sidik jari pak?mengingat saya tidak berada diindonesia.Jika tidak bisa lalu bagaimana caranya membuat SKCK untuk warga indonesia yang berada diluar negri?terimakasih banyak jika bapak bisa menjawab pertanyaan saya.Wassalam

    • 1. Syarat-syarat untuk pencatatan perkawinan di luar negeri bisa sangat tergantung dari ketentuan perundang-undangan negara yang bersangkutan. Namun secara umum/universal biasanya adalah :
      – pasport, Akta Kelahiran, Surat izin kedutaan
      berdasarkan pasal 56 UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, mengatur bahwa perkawinan yang dilangsungkan di luar negeri antar WNI atau antara WNI dan WNA adalah sah bilamana dilakukan menurut hukum yang berlaku di mana perkawinan tersebut dilangsungkan dan bagi WNI tidak melanggar ketentuan UU ini.
      Selanjutnya dalam waktu 1 tahun setelah suami isteri tersebut kembali ke wilayah Indonesia , surat bukti perkawinan mereka harus didaftarkan di Kantor Pencatatan Perkawinan tempat tinggal mereka.
      Dengan demikian, untuk mengetahui persyaratan perkawinan untuk menikah di luar negeri saudari harus menghubungi kedutaan negara tersebut yang berada di Jakarta.
      2. Pernikahan tidak otomatis menjadikan seseorang pindah/berubah kewarganegaraannya akan tetapi memungkinkan masing-masing untuk mengikuti kewarganegaraan suami/isteri melalui proses naturalisasi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku di masing-masing negara.
      Di Indonesia sesuai dengan Pasal 8 UU No. 62 Tahun 1958 tentang Kewarganegaraan RI yang menyatakan bahwa seseorang perempuan WNI yang kawin dengan seorang asing kehilangan kewarganegaraan Republik Indonesia nya apabila dalam kurun waktu 1 tahun dalam perkawinannya menyatakan keterangan untuk itu, kecuali apabila ia dengan kehilangan kewarganegaraan Indonesia itu menjadi tanpa kewarganegaraan.

      Demikian, semoga bermanfaat.
      Salam,

  76. kalau saya dengan KTP bogor untuk membuat SKCK demi pembuatan VISA, prosedurnya bagaimana setelah mendapat surat dari kelurahan dan Camat..
    Bisa langsung ke MABES atau harus ke kapolsek lalu Polres , kemudian POLDA…

    terima kasih

  77. saya ingin membuat SKCK untuk keperluan melamar kerja, di mana saya bisa memprosesnya? Saya tinggal di daerah menteng atas (ps.manggis)

  78. Kritik aja pa buat negara, kenapa orang mau cari kerja dibeban kan biaya sampai 45ribu rupiah, belum di tingkat rt sampai kelurahan, apa ga kasihan pa sama pengangguran yang butuh pekerjaan

    • Terimakasih atas kritiknya.

      Tentunya kami memahami kondisi masyarakat saat ini.
      Namun kami juga harus melaksanakan peraturan / perundang-undangan yang berlaku.

      Sekiranya kritik saudara dapat menjadi masukan bagi pemerintah.

  79. Met malam pak polisi
    Pak saya mau tanya kenapa sampai sekarang membuat skck masih mengunakan pengantar dari kelurahan kenapa tidak mengikuti dan mengindahkan surat telegram bapak kapolri yang telah mengeluarkan kebijakan aturan baru tentang pembuatan skck tidak mengunakan pengantar dari kelurahan lagi
    Terimakasih hanya sekedar masukan saja

    • Terimakasih pak Sujiyanto atas kritiknya.

      Sampai saat ini, kami masih menggunakan dasar :

      – SURAT TELEGRAM KAPOLRI NO. POL : STR/301/VII/2008 TGL 23 JULI 2008 TTG JUKRAH PENERBITAN SKCK.
      – SKEP KAPOLRI NO. POL : SKEP/816/IX/2003 TANGGAL 17 SEPTEMBER 2003 TENTANG NASKAH SEMENTARA PETUNJUK LAPANGAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN CATATAN KRIMINAL (SKCK).

      Bilamana ada petunjuk perubahan penerbitan SKCK yang baru, tentunya kami akan mengikuti petunjuk tersebut.

  80. salam…
    saya ingin menikah dengan TNI.. jadi saya harus membuat skck karena termasuk di persyaratan. terus apa yang harus saya bilang ke petugasnya.. apa saya blg saja untuk keperluan menikah dengan anggota TNI?
    trima kasih sebelumnya pak..

  81. salam sejahtera,
    pak saya sudah membuat SKCK,yang diterbitkan oleh polsek serpong,,berhubung syarat pendaftaran PNS HARUS SKCK yg diterbitkan oleh polres.
    pertanyaan saya pak :
    1.apakah saya boleh hanya membawa skck yg dr polsek serpong tersebut?tanpa membawa lagi surat keterangan RT/RW dan kelurahan?
    2.Ke Polres manakah saya membuat SKCK?apakah ke Polres kota tangerang atau ke Polres yg di tigaraksa?

    atas perhatiannya dan balasannya saya ucapkan terima kasih.

    • Langsung kami jawab ya pak…

      Bapak bisa langsung ke Polres Tangerang Kota untuk perubahan status keperluan pembuatan SKCK-nya.

  82. selamat siang bapak/ibu admin
    saya mau tanya nh,,,
    saya pernah buat SKCK sekitar 2 tahun lalu,,,
    dan belum pernah saya perpanjang lg,,,
    jika saya ingin perpanjang apa bisa???
    bila tidak bisa apa boleh saya buat baru tapi tanpa harus membawa surat pengantar kelurahan???

    • Selamat siang kembali….

      Bila sudah lewat 2 tahun maka prosesnya pembuatan SKCK-nya harus seperti baru. Untuk syarat-syaratnya, coba lihat penjelasan kami diatas.

  83. Bpk/Ibu, kalau mau perpanjang SKCK apa Prosesnya sama dengan pembuatan SKCK baru? karena seingat saya pembuatan SKCK baru diperlukan pengambilan sidik jari. apa dalam memperpanjang SKCK perlu sidik jari juga??

    apakah biaya adm perpanjang SKCK dengan pembuatan SKCK baru sama saja atau berbeda?

    terima kasih..

    • Coba Bpk / Mas Beri lihat dulu penjelasan kami di topik ini. Sepertinya sudah dijelaskan diatas.

      Untuk biaya administrasi perpanjangan SKCK, tentunya hanya dikenakan administrasi SKCK sebesar Rp. 10.000;

  84. selamat sore pak…
    saya mau tanya, saya udah buat skck di polsek tapi saya butuh skck yang dari polres, apakah saya harus meminta surat pengantar dari kelurahan lagi atau bisakah skck dari polsek jadi syarat berkas untuk membuat skck polres…
    atas perhatianya saya ucapkan terimakasih

  85. pak,
    ini kritik atas prosedur pembuatan SKCK baru2 ini,

    Domisili untuk KTP saya ada di sulawesi selatan,
    ketika saya hendak membuat SKCK di Jakarta, saya disuruh pulang dahulu ke sulawesi selatan. saya rasa hal ini agak kurang masuk akal, karena seolah2 saya dipaksa untuk membuat KTP baru hanya demi pembuatan SKCK semata atau pulang ke sulawesi selatan. dan muncul lagi pertanyaan, bagaimana tentang kartu keluarga ? dan info tentang pembuatan SKCK ini belum saya bisa temukan dimana2 dan masih kurang jelas.
    mohon diberikan skenario juga untuk orang yang punya domisili dari luar kota.

    ini kritik dari saya untuk prosedur pembuatan SKCK yang kurang efektif dan infonya tidak begitu jelas. saya lebih menyukai pakai ‘oli’

    kalau reformasi mohon tidak ‘mempersulit’ karena hanya dengan ini saja saya sudah makan waktu 1 – 2 hari.

    tapi saya applause karena mereka tidak bisa di’suap’

    Hidup polisi Indonesia.
    tapi tetep saja, kalau kejujuran sudah OK, ke-efektifan juga mohon diperhatikan.
    :)

    • Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas kritiknya.

      Bukan maksud kami untuk mempersulit pembuatan SKCK, namun sesuai dengan :

      – SURAT TELEGRAM KAPOLRI NO. POL : STR/301/VII/2008 TGL 23 JULI 2008 TTG JUKRAH PENERBITAN SKCK.
      – SKEP KAPOLRI NO. POL : SKEP/816/IX/2003 TANGGAL 17 SEPTEMBER 2003 TENTANG NASKAH SEMENTARA PETUNJUK LAPANGAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN CATATAN KRIMINAL (SKCK).

      Kami juga berharap, bilamana sistem administrasi kependudukan sudah terintegrasi (skala nasional), maka sistem pembuatan SKCK akan berubah pula.

      Untuk skenario/skema proses pembuatan SKCK akan kami update.

    • jadi bapak yang berasal dari sulawesi selatan harus balik dulu ya ke sana? atau bisa langsung buat skck di jakarta tanpa harus balik ke sul-sel? mohon di balas.

  86. Selamat pagi bpk admin,
    saya berdomisili di kebumen jateng dan akan bekerja diluar negeri. Untuk pengurusan SKCK untuk visa LN ( bhs. inggris), apakah juga harus langsung ke MABES POLRI apa bisa di selesaikan setingkat polres, mengingat waktu yang terbatas.
    terima kasih

  87. slamat siang pak..

    kebetulan saya tinggal d daerah mampang, ingin menanyakan tentang proses pembuatan SKCK, butuh waktU brapa jam?

    dan, apabila saya datang jam 3 sore ,apakah bs jadi Hari itU juga pak?

    • Lama pembuatan SKCK, khususnya di Polsek Pancoran memakan waktu tidak lebih dari 30 menit dan berlaku pada hari dan jam kerja.

      • Selamat pagi.
        Apakah bisa saya mengurus skck di depok dengan e-ktp?
        Trus, kalo sebelumnya sudah membuat skck di daerah saya ( kabupaten pati), apakah saya harus membuat baru atau perpanjang skck?
        Terima kasih

  88. saya mau tanya,saya tinggal di cipinang lontar jakarta timur.
    tapi KTP saya di daerah jakarta utara.
    yg saya ingin tanyakan, apa saya bisa bikin CKCK, di daerah tempat saya tinggal saya sekarang?
    di jakarta timur,lalu di polsek mana.
    terimakasih

  89. saya tinggal di daerah pondok gede bekasi,
    -kalau saya mau perpanjang SKCK saya yang sudah lebih dari 1 tahun gimana caranya??
    -kalau persyaratan perpanjang SKCK itu apa aja??dan syaratnya itu setiap daerah beda apa ga,misalnya antara jakarta dan bekasi..
    terima kasih.

  90. selamat malam Pak
    maaf mengganggu

    saya ingin bertanya Pak
    apakah boleh misal seseorang yang alamat asalnya dari Jember lalu karena sedang merantau di Jakarta, orang tersebut membuat SKCK di Jakarta ??
    kalau boleh, apa saja syarat-syaratnya Pak ??
    apakah harus membuat KTP yang baru di Jakarta ??
    saya masih bingung
    kalau membuat KTP lagi brarti nanti orang tersebut bisa 2 punya KTP

    apakah syarat untuk membuat SKCK di polsek sama dengan syarat pembuatan SKCK di polres Pak ???

    saya mohon informasinya Pak
    saya seorang mahasiswa rantauan, rencananya juni nanti mau mencari SKCK untuk keperluan kerja praktek

    terima kasih atas perhatian Bapak

  91. mau tanya kalau ktp saya ktp daerah dan sekarang saya kerja di jskarta tapi belum punya ktp jakarta, saya bisa buat SKCK di jakarta atau tidak?

  92. pak saya mau tanya, ktp saya bogor apakah bisa mengikuti ujian cpns diluar kota? apakah akan ada masalah dalam pemberkasan?

  93. Mohon informasinya Pak, saya ber-KTP Jakarta Selatan, tapi 4 bulan terakhir tinggal di Binong, Karawaci. Untuk mengurus SKCK dalam rangka mau menikah di Karawaci (Kantor catatan sipil Tangerang?), saya mengurusnya di mana, Pak? Polres Jaksel/Polres Tangerang/Polda? Apa bisa surat keterangan dari Kelurahan Jaksel tapi mengurus SKCK di Polda/Polres Tangerang? Kemungkina juga saya perlukan untuk pembuatan Visa.

  94. Mohon informasinya Pak, saya ber-KTP Jakarta Selatan, tapi 4 bulan terakhir tinggal di Binong, Karawaci. Untuk mengurus SKCK dalam rangka mau menikah di Karawaci (Kantor catatan sipil Tangerang?), saya mengurusnya di mana, Pak? Polres Jaksel/Polres Tangerang/Polda? Apa bisa surat keterangan dari Kelurahan Jaksel tapi mengurus SKCK di Polda/Polres Tangerang? Kemungkina juga saya perlukan untuk pembuatan Visa.Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

  95. Assalamualaikum slamat ore pak. Izin bertanya

    Saya siswa kelas 3 SMA yang ingin lanjut ke Akademi Kepolisian, Dan syarat untk memproleh skck membawa ijazah sd, smp, sma. Tapi saat ini saya belum pengumuman kelulusan, jadi belum tau nilai dan juga memproleh ijazah. Lantas bagaimana saya bisa memproleh skck?

  96. pak, mohon informasinya

    untuk perpanjang skck apa boleh hanya dengan yang legalisir saja…
    sebab yang asli sudah di ambil saat mendaftar tahun lalu…
    dan waktunya juga belum 1 tahun…

    terima kasih…

    • maksudnya waktu habis berlaku dengan sampai bulan ini belum sampai 1 tahun…

      terima kasih…

  97. Untuk memastikan Pak, bila untuk memperpanjang, apakah juga membawa Surat Pengantar dari Kantor Desa/Kelurahan setempat ?

  98. pak, saya mau tanya, ktp saya ktp medan, namun ingin membuat skck, harus mengurus di medan kah? tapi kebetulan saya dan keluarga sudah pindah ke bandung, dan jika ingin mengurus skck orang tua apakah mereka harus datang atau bisa di wakilkan? dan skck tersebut juga untuk mengurus resident di US, dimana harus mendapat versi inggrisnya?

  99. Pak,
    Jika saya igin memperpanjang skck saya yang sudah habis lebih dari satu tahun,
    Apakah saya harus membuat pengantar kelurahan terlebih dahulu, atau langsung datang ke kantor polisi??
    Terima kasih….

  100. bapak saya mau tanya, syaratnya apa saja untuk cari skck sedangkan saya sekarang di canada ? dan apa bisa lewat web ? kalau di taiwan cuma kirim foto copy pasport dan uang administrasi da bisa. soalnya saya dulu berangkat ke canada lewat taiwan. dan untuk proses bikin KTP canada butuh skck dari indonesia dan taiwan. saya ucapkan terima kasih sebelumnya

    • Hi Tutik are you in Canada now? you said you went to Canada from Taiwan, it means that you are able to get the Indonesian SKCK in Taiwan? I really need your help: how to get an Indonesian SKCK while the person is in Taiwan. chiawmien@yahoo.com

      I am looking forward your reply, thank you very much in advance

  101. maaf pa ganggu waktunya bentar, saya cuma mau naya, saya berdomisili asal di bandung, tapi domisili sekarang d tangerang! ber KTP daerah bandung, tapi apa bisa ga pa buat skck di daerah tangerang? makasih sebelumnya mohon d jawab ya pa?

  102. maaf pa ganggu waktunya bentar, saya cuma mau naya, saya berdomisili asal di bandung, tapi domisili sekarang d tangerang! ber KTP daerah bandung, tapi apa bisa ga pa buat skck di daerah tangerang? makasih sebelumnya mohon d jawab ya pa? oh ia pa sekali bikin skcknya boleh lebih dari satu ga pa, soalnya suka d minta yang aslinya kalo ngelamar kerja pa?

  103. Salam, mohon informasinya
    Saya sedang butuh skck tingkat polda sedangkan untuk tingkat polres sudah ada, apakah saya harus mengurus baru mulai dari rt/rw ato cukup pengantar dari polres?? atas infonya kami sampaikan terima kasih,

  104. selamat mlm pak saya ardy dari tuban semanding jawa timur saya mau tanya pembuatan SKCK itu di POLSEK apa di POLRES blz. . .

  105. Pak ,kalau skck asli saya sudah dikumpul utk dftar kuliah , kmudian saya minta lgi yg asli dg membawa legalisirnya bisa kan ?

  106. tapi pak saya kok buat skck harga’a 15rb.
    lalu ganti ktp karna kecamatan saya ganti bayar 10rb, blum termaksud kk juga bayar.
    tolong pak kasian untuk masyarakat yg kurang mampu..
    makasih pak.

  107. Salam Sejahtera,
    Saat ini saya sedang berdomisili di kanada dan saya sedang mengurus Ijin tinggal tetap. Saya ingin membuat SKCK dari Indonesia. Saya sudah mengirim berkas2 untuk SKCK tersebut ke teman yang ada di Jakarta untuk mengurus lewat Mabes Polri tapi pihak mabes polri tidak ingin mengeluarkan SKCK karena alasannya tempat tinggal terakhir saya di Indonesia ialah medan. Sementara waktu saya menghubungi Mabes Polri katanya mereka bersedia mengeluarkan SKCK karena semua urusan luar negeri lewat jakarta. Lalu akhirnya saya memutuskan untuk mengirim berkas saya ke Medan tapi setelah sampai di Medan saya masih mengalami kendala karena alasanya saya harus dapat surat rujukan dari kepala desa dimana saya tinggal dulu. Teman saya sudah berusaha ke kepala desa dimana saya tinggal dulu tapi sulit menjumpai kepala desannya. sebenarnya saya hanya tinggal selama 1 tahun saja di medan karena tugas. Tapi karena KTP terakhir dri medan dan pasport saya pun dari medan.
    Saya mau minta penjelasan bagimana saya bisa mendapatkan SKCK dari Indonesia karena saat ini surat2 saya untuk Ijin tinggal dalam proses dan saya tidak bisa keluar dari kanada karena kalau tidak maka semua aplikasi akan di batalkan.
    Thanks for your help

  108. Saya mau tanya, kalau ktp saya bekasi tapi sy tggal di cikarang dan saya menggunakan surat pengantar rt,rw, kelurahan dari cikarang. Bisa gak di proses? Atau boleh gak?

  109. maaf mo tanya, apa pembuatan skck surat pengantarnya di tanda tangani dari koramil? lalu apakah menurut uu kecamatan / koramil boleh memungut uang atas mengetahui tersebut? jika tdk ada uu-nya apa itu termasuk pungli? tksh

  110. Pak mau tanya,POLSEKkan tidak menerbitkan SKCK untuk pembuatan VISA. trus kalo kita perlu SKCK untuk keperluan VISA bikinnya harus kemana Pak?

  111. pak permisi,

    saya sekarang berdomisili di kranggan, bekasi, tetapi ktp saya masih alamat malang jawa timur

    pertanyaan saya
    1 Apakah bisa tidak saya membuat SKCK di jabotabek, tetapi untuk surat pengantar dari malang? karena ada proses sidik jari sehingga tidak mungkin diwakilkan dan tidak mungkin saya datang ke malang karena saya kerja di kranggan

    2. Pengurusan SKCK terdekat dimana pak untuk daerah kranggan?
    terima kasih pak

  112. pagi pak,

    saya mau tanya apakah pelayanan skck untuk hari sabtu buka? bila buka dari jam berapa ke jam berapa?

    Thanks

  113. assalamu’alaikum wr. wb. pak, saya mau tanya,
    apakah kita perlu membuat surat pengantar dari camat yang sebelumnya sudah membuat di kantor kelurahan pak ?
    sebab teman saya pernah membuat skck dan harus disertai surat pengantar dari camat,
    sekian dari saya, atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

  114. Assalammu’alaikum pak polisi

    lama pembuatan SKCK berapa lama?kalo sebelumnya ada SKCK yang sudah tidak berlaku dengan alamat berbeda masih bisa di perpanjang/tidak?

  115. permisi bapak ,
    saya sudah punya SKCK di peruntukan mendaftar PNS, namun yg jadi pertannyaan saya,: Bisa tidak keperluannya di ganti, dan apa syaratnya?

  116. selamat siang pak.
    saya mau tanya apa saja persyaratan utk membuat skck utk warganegara asing..tp tidak untuk bekerja di indonesia.
    terima kasih

  117. salam hangat untuk bapak polisi,
    saya mau sedikit mengeluarkan uneg2 saya kepada bapak polisi,petugas pembuatan SKCK di polsek CIMANGGIS sungguh sangat tidak punya sopan santun,saya datang pada tanggal 23/11/2011 dengan baik2 menuju bagian pendaftaran pembuatan SKCK,kemudian bertanya kepada petugas,,, pak saya mau membuat SKCK photonya berapa lembar?,,,petugas itu menjawab:..tuh bisa baca ga(dengan nada sinis sambil menunjuk kepapan)…ok, kemudian saya kasih photo 3 lembar tsb,dengan menggunakan pelastik,,kemudian petugas itu mengembalikan photo saya sambil bilang dengan nada sinis..gak pake pelastik,lalu photo saya dikembalikan.(apa susahnya sih membuang plastik kecil)..tidak hanya disitu saja ,ketika saya bertanya tentang apa yang harus diisi di formulir dia malah marah kepada saya….PETUGAS ITU:laki2,gemuk,berkacamata,stengah baya.
    saya rasa dia punya kelainan karna setelah saya selesai mengurus semuanya,saya melihat dia berulang kali menyolek2 kemaluan laki2 disebelah saya yang juga mengurus SKCK.apakah pantas berseragam dinas seperti itu.bapak boleh tanya kepada teman kerjanya (wanita gemuk berambut pendek),dia tau,dan sepertinya dia tidak suka juga dengan sikap temannya, wanita itu memanggil dia dengan panggilan DUT.
    atas nama warga negara yang baik ,saya ucapkan sebesar2nya
    TERIMA KASIH

  118. salam kenal pak..

    saya mau tanya bagaimana cara untuk membuat SKCK sedangkan KTP saya masih KTP daerah dan meminta domisili aja susah?
    mohon balasannya

  119. pak kalo mau bikin SKCK buat mendaftar ke KEPOLISIAN atau TNI apakah beda dengan yang lainnya???
    terus persyaratan apa saja yang harus di bawa???

  120. siang pak,

    saya punya KTP domisili bogor, sekarang ini saya kerja di depok, pancoran mas, ingin buat skck baru saja, yang dulu sepertinya lulus smu di bogor. apa bisa saya buar skck baru dengan memakai KTP domisili bogor? untuk RT/RW dan kelurahan bisa di depok kan? untuk mengurus skck nya saya belum tau kalau polres depok dimana ya ?
    Terima kasih.

  121. Saya ingin membuat skck kebetulan alamat saya di pati.Saya harus membuat di POLRES Pati.Saya mau tanya lebih tepat alamatnya dimana ya?

  122. Untuk pembuatan SKCK pelajar yang tinggal di New Zealand, untuk Student Visa, harus buat di mana? Dan persyaratan apa saja? Menurut website di NZ, hanya perlu: kartu sidik jari (sudah ada), fotokopi identitas (passport – sudah ada), fotokopi KK (ada di Jakarta), pasfoto (ada). Waktu diserahkan ke POLRES – kurang tahu POLRES mana, karena titip orang – diminta surat pengantar RT/RW, permohonan SKCK tandatangan orangtua, mengisi Daftar Pertanyaan SKCK, Kartu Tik, dan minta fotocopy kartu pelajar. Apa memang seperti itu? Sudah 4 tahun yang bersangkutan berada di luar negeri. Harus bikin SKCK tersendiri karena sudah berusia 17 tahun.

  123. salam….

    Sy mw tnya, d ktentUan syarat2 pmbuatan SKCK tdk dcntUmkan unt membwa Kartu keluarga (KK), Tp saat sy dtng k polsek pancoran dtnya KK sy, sy jdi bingung. Sbenarnya KK it penting tidak saat pengamblan SKCK ?

  124. Saya sudah membuat SKCK dan akan di perpanjang…
    Tapi KTP saya sudah ganti atau pindah rumah.,
    trus gimana prosedurx…
    Mohon bantuanx trima kasih…

  125. selamat siang,
    mau tanya pak, itu ketentuan tentang pembuatan skck berlaku untuk seluruh jakarta y? klau tanggerang gmana pak?

  126. SEBENARNYA SKCK ITU GRATIS APA BAYAR SECH???BINGUNG DECH…………………..!!!!!!!!!!!!!!!!GRATIS BUATNYA,,BAYAR ADMINISTRASINYA………………….!!!!!!!!!!!

  127. selamat malam admin.

    saya mau tanya untuk pengurusan SKCK harus melalui kelurahan terlebih dahulu atau bisa langsung ke kantor polisi ?

    saya berdomisili di kecamatan Setu, Tangerang Selatan, dimanakah saya harus membuat SKCK ?

    terimakasih sebelumnya.

  128. selamat pagi admin…kali mau perpanjang skck tp udah lebih dari setahun belum di perpanjangnya??prosesnya gmna?apa sama seperti pembuatan skck untuk pertama kali nya/bukan perpanjang?

  129. sy berasal dari lumajang,mau mengurusi pindah ktp ke p0n0r0g0,krn akan menetap di p0n0r0g0 dg suami. Persyaratan untuk mengurusi pindah ktp itu salah satunya harus membuat skck. Yg sy tanyakan,apa bs mengurusi skck di kota tujuan?jd sy mengurus skck nya dip0n0r0g0 bkn dilumajang. Apa bs?krn sy tdk bs ke lumajang untk sidik jari. Trmksh.

  130. Selamat siang pak,
    Saya Tia Gunarja tinggal di Depok Lama kec Pancoran Mas, Kota Madya Depok,
    Saya minta tolong informasinya di mana saya bisa bikin SKCK international untuk keprluan visa antar negara.
    Terima kasih atas perhatiannya dan informasi jawaban Bapak- Bapak
    Hormat saya
    Tia Gunarja

  131. Selamat pagi Admin…
    Saya mau tanya, SKCK saya sudah kadaluarsa berlakunya hanya sampai 26 Desember 2011 dan skrg saya ingin memperpanjang guna keperluan melamar pekerjaan! SKCK saya dulu bikin di POLRES JAK-SEL! Apa bisa diperpanjang atau harus bikin baru?
    Syarat apa saja yg dibutuhkan untuk memperpanjang SKCK tersebut?
    Oh iya 1 lagi, klo mau urus Surat Bebas Narkoba dari Kepolisian bagaimana prosedurnya ya?
    Terimakasih!

  132. Saya ada sedang urus skck di polres, tapi mereka meminta saya bayar 200 ribu. apakah itu benar? saya belum ambil skck karena saya mau komplin. tolong balasannya. bagaimana apakah saya harus lapor ke polri jakarta?

  133. numpang tanya pak. di surat pengantar kelurahan masih perlu tanda tangan kecamatan juga? setahu saya hanya perlu tanda tangan rt , rw , kelurahan

  134. syarat dan ketentuan dari Bapak sangat mudah..
    tapi didaerah saya kok cukup ribet ya pak?
    dari kelurahan, ke kecamatan, terus koramil, baru ke polsek
    jadi perlu mengeluarkan biaya lebih,.
    kalau surat pengantar dari kelurahan langsung ke polsek bisa tidak pak?

  135. saya punya skck lama dibuat di jawa
    terus skarang sy d sumtra.
    Apakah bisa saya perpanjang di sumtra ya?

  136. Pak,saya mau tanya kalau buat skck harus ada surat pengantar dari polsek dan dari kecamatan apa gimana?

  137. Slamat malam Pak/Ibu maaf mnggnggu…
    saya mau nanya…. saya mau melamar TNI-AD…
    jadi ngurus SKCK dmana krna saya tnggal dMenteng VII Sumut kecamatan medan denai…saya bingung krna ada banyak ne kantorny… yaitu:
    1.ada yg djlan sisingamangaraja ujung
    2.di Teladan
    3.di jln.H.M.Said
    jadi dmananya tmpat (alamat) ngurus SKCKnya padahal waktu pndaftaran dah mulai hari senin tnggl 9 dan brapa lama wktu ngurusnya apakah bisa siap 1jam…
    kalo prsyaratannya udah lngkap…
    mohon bntuan/partisipasinya Pak/…
    trimakasih

  138. Selamat Pagi Pak, Untuk Jadwal Pembutan SKCK Dari Hari Apa dan Jam Berapa, Lokasih Saya Di Jakarta Selatan?
    Terimakasih

  139. Pak saya ocha, tgl di Jl.percetakan negara 2 jakarta pusat.
    Saya ingin memperpanjang skck utk keperluan melamar menjadi CPNS.kira2 saya harus memperpanjangnya dimana ya pak?
    Dan masa skck saya yg lama masa berlaku terakhir bln feb 2011.
    Apa masih bisa?

  140. mau tanya pak, klo mau perpanjang skck polsek untuk ke polres bisa tdk? Tapi saya hanya pnya fotokopi saja, krn yg asli sdh diberikan ke kantor..apa harus bkin baru atw gmn?
    Trims

  141. Mau berkelakuan baik aja kok di suruh bayar sih pak?gimana orang mau berkelakuan baik kalau di suruh bayar…padahal semua peralatan dari pemerintah, kertas, print-an, dll, dan digaji pula sama pemerintah sampe akhir hayat, masih kurang juga harus pungutin duit rakyat yang mau berkelakuan baik

    SIDIK JARI = RP.35.000;
    ADMINISTRASI SKCK = RP.10.000;

    jawaban adminnya Plin-Plan
    Admin says: “Benar sekali… Untuk pendaftaran CPNS diharuskan melampiri dengan SKCK yang masih berlaku yang dikeluarkan minimal setingkat Polres dimana saudara berdomisili sesuai KTP. Bila KTP-nya beralamat tinggal di Kebumen, berarti harus membuatnya di Polres Kebumen juga. Dalam pembuatan SKCK tidak dikenakan biaya”

    jadi yang bener yang mana???

  142. kalau saya buat SKCK pertama di polsek matraman. lalu saya mau perpanjang lagi kemana ?? ini untuk melengkapi administrasi CPNS. mohon jawabannya. terimakasih selamat pagi.

  143. kalo saya mau ngurus SKCK di kisaran tapi KTP saya di sai balai bisa gak???
    itu kan 1 provinsi juga tapi beda kabupaten

  144. Permisi pak..mau tanya, saya berdomisili di Pamulang. Untuk pembuatan SKCK prasyarat CPNS, apakah boleh ke Polres Fatmawati saja dibanding harus ke Polres Metro Tangerang di Daan Mogot.
    Terima kasih.

  145. Pak, saya mau tanya. klo pembuatan SKCK untuk pendidikan S1 keperluan melamar CPNS di Polsek atau Polres??
    setau saya kalau untuk tingkat S1 harus di Polsek sementara kalau untuk keperluan melamar CPNS harus di Polres. tolong dibantu ya pak..
    salam hangat..

  146. maaf pak saya mau tanya,saya kan sekarang tinggal di srengseng raya.saya mau bikin SKCK,tadinya saya tinggal di kebon jeruk,KTP saya sekarang alamatnya di srengseng kalau bikin SKCKnya di polsek kebon jeruk bisa tidak pak,tapi surat domisili saya belum jadi yang di srengseng,hanya punya KTPnya saja,
    mohon sarannya ya pak.

    salam hangat saja buat polsek pancoran.
    harap di balas.

  147. pak saya mau tanya,
    SKCK saya mati thun 2009
    saya tdk perpanjang krena waktu itu saya sudah dapat pekerjaan….
    nah pasti di tahun 2012 ini saya sudah tidak bisa untuk perpanjang di karnakan sudah lewat batas maksimal perpanjangan…
    nah jika saya mau buat SKCK baru bagaimana???
    tetapi KTP saya dngan tmpat tinggal saya yg sekarang beda..
    jika saya minta surat pengantar dari kantor kelurahan domisili saya yg sekarang,tetapi beda dengan yg di KTP apakah bisa??
    mohon bantuan penjelasannya pak..
    thx….

    • Saya mau tanya,,sy mau perpanjang skck untuk menikah dgn anggota polri,bln juli lalu sy sdh membuat skck tp krn prnikahan’a diundur n baru bln ini akan dilangsungkan prnikahan’a,,apakah sy hrs prpanjang lg atw tdk,sbnar’a masa berlaku skck 1 thn atw 3bln y pak?trmksh

  148. pak, saya tinggal di depok tapi KTP saya keluaran Semarang, karena dulu tinggal di sana, saya perlu skck untuk melamar krja, bagamaina caranya ya?

  149. Asslmmualaiqum..
    Saya mau tanya?? Sebelum kepolsek semua syarat nya kan hrus sudah lengkap,
    yang mau saya tanyakan masalah tanda tangan yang diketerangan dri kelurahan,saya tanda tangan nya dibawah nama,harus nya kan di atas nma yg tanda tangan,jadi bagaima,bisa diterima apa tidak dipolsek nanti.ditunggu ya balsan nya

  150. salam..
    kalau untuk skck dengan bahasa inggris apakah ada syarat2 tertentu? jika ke mabes polri apakah harus legalisasi ke kemenlu dan kemenkumham?
    terima kasih..

  151. Dear Bpk / Ibu..
    saya mau buat SKCK untuk melengkapi pembuatan ABTC Card (Apec Business Travel Card) alamat KTP di lippo karawaci tangerang. bisa urus dimana ya? Trims

  152. Pak/Ibu Polisi, saya mau tanya. Ada saudara saya yang sudah tinggal di luar negeri untuk perpanjang izin tinggalnya diminta SKCK. Bisakah saudara saya tidak perlu pulang ke Indonesia terlebih dahulu? Mohon informasinya. Terima kasih.

  153. Yth : bpk / ibu
    Jika saya mau buat SKCK untuk melengkapi lamaran kerja CPNS itu buat SKCK ya… Di mana ya… ?? Tempat tinggal saya di pancoran dan sarat untuk pembuatan SKCK CPNS apa saja? Sebelumnya saya sudah buat SKCK di KEPOLISIAN SEKTOR METRO PANCORAN alamat buncit raya tapi sudah habis masa. September 2004 sekian terima kasih penjelasan dari saya harap balasanya.
    Terima kasih

  154. Masa berlaku skck itu berapa thn ya.Biaya yg trtera di ats itu berlaku d smw wilayah gak?Saya tnggal d dukun gresik

  155. pak, benarkah syarat fotonya tidak boleh memakai jilbab?
    tadi siang saya ke polres untuk mengurus pembuatan skck, namun karena kata bapak yang disana foto yang berjilbab tidak berlaku, saya belum jadi bikin skck karena tidak mau foto tanpa jilbab.

  156. Saya KTP berasal dari balikpapan, sekarang berdomisili di jakarta, apakah saya boleh membuat skck di jakarta?

  157. Assalamualaiku, selamat pagi pak, saya mau tanya saya ingin daftar kuliah di luar negri nah syaratnya harus ada skck, skrng saya tinggal d tangerang saya harus bikin di mana polsek mana? Trims

  158. Ass.. Admin yg baik.. Saya ingin bertanya..
    Saya ingin mengikuti program pemerintah SM3T dan CPNS..waktu pelaksanaan’a dekat,,dan Keduanya dibutuhkan SKCK.. Saya sudah membuat SKCK dgn tujuan persyrtan CPNS tapi untuk SKCK persyrtan SM3T belum.. Pertanyaanya !!
    1. Apakah bisa membuat SKCK lagi dgn kebutuhan yang berbeda??
    2. Kalau memang bisa bagaimana caranya?
    Trims

  159. aku dulu pernah ada SKCK tapi ngurusnya di Medan karena saya dulu tinggal di medan tp udah expired, skrg saya tinggal di Jakarta, bagaimana proses perpanjangan SKCK nya? kenapa tidak bisa di Jakarta, pak?karena saya bekerja di jakarta

  160. mau nanya kalau saya sudah pernah bikin skck di tegal , terus pindah domisili ke tangerang , dan mau bikin lagi itu ikutnya bikin baru apa perpanjang . dan perlu sidik jari lagi atau tidak ?

  161. mau tanya donk klo polsek bekasi untuk pengurusan skck tanggal 05-08-2013 masih bisa gak ya/
    thankz…,
    tolong dibantu coz urgent

  162. kalau saya sudah buat skck di polsek. trus kalo mau buat skck untuk pns di polres apakah harus pake surat pengantar dari kelurahan jg ?

  163. Saya skrg tinggal kos di daerah Haji nawi gandaria selatan, mau bikin SKCK Tªƿí memiliki e-ktp Bali, kira-kira saya bisa membuat SKCK di jakarta apa tidak ?
    Terimakasih

  164. malem pak.. saya mau tanya pak .. kan saya mau daftar cpns. nah katanya skcknya beda dengan skck yang biasa buat ngelamar,, dan sya baru 1 bulan kemaren buat skck yang biasa dipolsek cakung, kaloau saya mau buat skck cpns,, apa bisa cuman bawa skck yang masih nerlaku dan foto 4×6 ?/

  165. kalau saya sudah membuat skck bulan juni untuk melamar pekerjaan, dan untuk keperluan itu diminta skck yg asli. apakah bisa buat lg sekarang ? sedangkan masa berlaku masih ada dan saya perlu skck yg asli sekarang.. mohon dijawab

  166. pak, kalo misalnya sy domisili kalimantan, tp sy skrg tinggal di jawa, nah kalo mau ngurus skck u/ melamar pekerjaan di jawa apakah bisa?

  167. pak, kl saya kan ktp ny dari jakarta selatan, tp saya tinggal skrg d jakarta timur.
    jd pengantar kelurahannya dr yg mana Pak?? dari kelurahan di KTP atau kelurahan tempat tinggal skrg?

  168. Ping-balik: Persiapan Tes CPNS (eps 1 : seleksi pemberkasan) | ladyminerva91

  169. mohon infonya, gmn prosedur pembuatan skck internasional? krn utk syarat kerja di luar negeri. apakah bisa melalui polsek atau polres sesuai ktp? mohon bantuannya. terimakasih

  170. Mau tanya pak bu…klo perpanjang skck dari polres jaksel yg masa berlakunya Sudah habis persyaratannya apakah sama dengan perpanjang Di polsek??
    thanks

  171. maaf pak saya bole tanya dapatkah menggunakan e-ktp sulawesi mengurus skck yg di batam soalnya mau di bawa melamar kerja di batam trimakasih

  172. Salam Pak, mohon info apakah pengantar harus dari Kelurahan. Bagaimana hanya jika hanya pengatar RT dan RW dan surat jaminan dari perusahaan. Apakah bisa?

  173. siang, numpang tanya, apakah untuk mengurus SKCK bisa diwakilkan? (saudara saya sedang di luar negeri, dia perlu SKCK untuk syarat menikah disana).

    Terima kasih informasinya.

  174. knapa mahalm sekali biayanya??? seharusnya kan GRATIS milik negara dan di bayar negara…kenapa kita harus bayar????

  175. itu masih murah..
    di Bali buat SKCK sampe 300ribu..
    kalo ga percaya bisa dicek sendiri ke bali, khususnya denpasar..

  176. bertanya…. bila KTP kab Bogor, tinggal di BSD, lalu mau buat SKCK untuk keperluan melamar pekerjaan (swasta), memang harus ke bogor ya????? ga bisa buat skck di BSD atau alternatif lain?
    Persyaratan dah lengkap. dpt surat ket dari lurah bogor. tapi pas di BSD nya ga bisa nerbitin SKCK, harus ke bogor lagi!!! mohon penjelasan. thx

  177. SKCK nya ngurus beda kota gak bisa ya ??
    di karenakan saya ini kerja nya pindah – pindah dari satu kota dan ke kota tiap 2, 3 atw lebih bisa di mutasi di daerah yang berbeda.
    gimana ya pak?? karena jarak nya lumanya.

  178. Ass … pak/bu polisi, saya ingin mengurus surat kehilangan kartu ATM dan BUKU TABUNGAN prosedurnya seperti apa pak/bu …. Wss

  179. Ass … pak/bu polisi, saya ingin mengurus surat kehilangan kartu ATM dan BUKU TABUNGAN prosedurnya seperti apa pak/bu ??? apakah prosedur/mekanismenya seperti pembuatan SKCK ??? Mohon infonya …. Wss

  180. Pak Pol, saya mau tanya. jadi kronologinya begini pak, kan KTP saya domisilinya di Brebes, sedangkan saya sudah sekitar 4 tahun menetap di Tangerang dalam rangka kuliah. setelah lulus, saya berencana kerja di BPJS Ketenagakerjaan dan persyaratannya itu harus menyertakan SKCK, pendaftarannya online dan berletak di jakarta. selasa nanti saya sudah harus mengikuti test online, dan hari selasa kemungkinan sudah harus ikut tahap 2 yaitu dengan menyertakan SKCK. pertanyaannya, apakah saya bisa membuat SKCK di polsek terdekat di Tangerang??? MENILIK, waktunya yang begitu urgent? mohon pencerahannya… makasih :)

  181. salam hormat.
    pak saya mau tanya kalo pembuatan skck dari hari apa jam berapa dan sampai kapan ya pak?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s